Dalil dari Al hadist tentang di sunahkannya membakar BUHUR / DUPA.
----------------------------------------------------
???..catatan sebagai pewangi saja. ???
=======
الكتاب: المجتبى من السنن = السنن الصغرى للنسائي -- 8 / 153 المؤلف: أبو عبد الرحمن أحمد بن شعيب بن علي الخراساني، النسائي المتوفى: 303هـ
أخبرنا أحمد بن عمرو بن السرح أبو طاهر، قال: أنبأنا ابن وهب، قال:
أخبرني مخرمة، عن أبيه، عن نافع، قال: كان ابن عمر إذا استجمر استجمر
بالألوة غير مطراة، وبكافور يطرحه مع الألوة، ثم قال: «هكذا كان يستجمر
رسول الله صلى الله عليه وسلم»
==
menghabarkan pada kita . Ahmad
bin 'Amr bin as sarkh, Abu Thohir.beliau berata. menceritakannya pada
kita Ibnu wahb berkata. menghabarkan padaku Makhromah dari bapaknya ,
dari Nafi' berkata :
Ibnu umar apabia beristijmar (membakar dupa)
maka beliau beristijmar dengan uluwah yang tidak ada campurannya, dan
dengan kafur yang di campur dengan uluwah, kemudian beliau berkata;
"Seperti inilah Rosululloh SAW, beristijmar
-----
guru Wahabi yaitu ALBANI ikut serta menshohehkan hadis tadi -- ihat
pada kitabnya yaitu -- SHOHIHU WA DHO'IFU Sunan An Nasai no Hadist 5135.
-------
Hadist semisal juga di temukan daam kitab sarah Muslim.
الكتاب: شرح صحيح مسلم ------- ج 15 ص 10
المؤلف: أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي (المتوفى: 676هـ)
حدثني هارون بن سعيد الأيلي، وأبو طاهر، وأحمد بن عيسى، - قال أحمد:
حدثنا، وقال الآخران - أخبرنا ابن وهب، أخبرني مخرمة، عن أبيه، عن نافع،
قال: كان ابن عمر «إذا استجمر استجمر بالألوة، غير مطراة وبكافور، يطرحه مع
الألوة» ثم قال: «هكذا كان يستجمر رسول الله صلى الله عليه وسلم»
------ Sarahnya / الشرح
الاستجمار هنا استعمال الطيب والتبخر به مأخوذ من المجمر وهو البخور وأما
الألوة فقال الأصمعي وأبو عبيد وسائر أهل اللغة والغريب هي العود يتبخر به
Yang di maksud dengan ISTIJMAR di sini ialah memakai
wewangian dan berbukhur "berdupa" dengannya.---- Lafadz istijmar itu di
ambil dari kalimat Al majmar yang bermakna al bukhur "dupa" adapun
Uluwah itu menurut Al ashmu'i dan abu ubaid dan seluruh pakar bahasa
arab bermakna kayu dupa yang di buat dupa.
--------
------ lanjutan sarahnya. ---------
ويتأكد استحبابه للرجال يوم الجمعة والعيد عند حضور مجامع المسلمين ومجالس
الذكر والعلم وعند إرادته معاشرة زوجته ونحو ذلك والله أعلم
Dan
sangat kuat kesunahan memakai wewangian (termsuk istijmar) bagi laki
laki pada hari jumat dan hari raya, dan saat menghadiri perkumpulan kaum
muslimin dan majlis dzikir juga majlis ilmu. dan hendak menggauli
istrinya.
imam malik yang di tulis di belakang kitab tanwirul hawalik syarah muwattho' malik imam suyuti. Juz 3 no 166
قال مطرف كان مالك إذا أتاه الناسخرجت اليهم الجارية فتقول لهم يقول لكم
الشيخ تريدون الحديث أو المسائل؟ فإن قالوا المسائل خرج اليهم وافتاهم وان
قالوا الحديث قال لهم اجلسوا ودخل مغتسله فاغتسل وتطيب ولبس ثيابا جددا
وتعمم ووضع على رأسه الطويلة وتلقى له المنصة فيخرج اليهم وعليه الخشوع
ويوضع عود فلا يزال يتبخر حتى يفرغ من حديث رسول اللهصلى الله عليه وسلم
Mutrif berkata: apabila orang orang mendatangi kediaman imam malik,
maka mereka di sambut oleh pelayan wanita beliau yang masih kecil lalu
berkata kepada mereka, "imam malik bertanya apakah anda semua mau
bertanya tentang hadits atau masalah keagamaan?
Jika mereka berkata
"masalah keagamaan" maka, imam malik kemudian keluar kamar dan berfatwa,
jika mereka berkata"hadits" maka beliau mempersilahkan mereka untuk
duduk, kemudian beliau masuk kedalam kamar mandi, lalu mandi, dan
memakai minyak wangi, kemudian memakai pakaian yang bagus, dan memakai
sorban. Dan di atas beliau memakai selendang panjang di atas kepalanya,
kemudian di hadapan beliau di letakkan mimbar (dampar) dan setelah itu
beliau keluar menemui mereka dengan khusu' lalu di bakarlah dupa hingga
selesai dari menyampaikan hadits Rosululloh SAW.
MEMBAKAR DUPA KETIKA BERDZIKIR DAN BERJAM'IYYAH
مسألة ش : جارت عادة المسلمين بجميع الأقطار ترتيب الفاتحة وقراًئتها بعد
الدعوات في ختام المجلس ـ إلى أن قال ـ فهي مستحسنة شرعا وإن لم يكن لها
أصل من كتاب وسنة. إهـ نهاية المفيد ص 17-19
Masalah : Kebanyakan ummat muslim dibeberapa daerah melakukan tradisi
membaca surah al-Fatihah di awal dan di akhir pertemuan setelah bedo'a
-sampai pada perkataan pengarang- hal semacam itu dianggap baik menurut
syari'at meskipun tidak ada dasar dari al-Qur`an dan Hadits. Nihayah
al-Mufid hal. 17-19
___________
مسألة ج : إخراق البخور عند
ذكر الله تعالى ونحوه كقراءة القرأن ومجلس العلم له أصل في السنة من حيث أن
النبي صلى الله عليه وسلم يحب الريح الطيب الحسن ويحب الطيب ويستعملها
كثيرا ويخض عليهما ويقول أحب إلي من دنياكم النساء والطيب وجعلت قرة عين في
الصلاة. إهـ بلغة الطلاب 53- 54
Masalah : Membakar dupa di saat
dzikir pada Allah dan semacamnya seperti membaca al-Qur`an dan majlis
ta'lim itu berdasarkan hadits bahwa Nabi saw. senang bau minyak wangi yg
sedap dicium dan juga senang pada minyak wangi, bahkan Nabi sering
memakainya dan juga menganjurkannya. Nabi bersabda : Yang aku cintai
dari dunia kalian adalah wanita dan wewangian, dan aku jadikan sebagai
penenang atau penyejuk hati dalam shalat. Bulghah al-Thulab hal. 53-54
قال بعض أصحابنا ويستحب أن يبخر عند الميت من حين يموت لانه ربما ظهر منه شئ فيغلبه رائحة البخور
“Sahabat-sahabat kita (dari Imam Syafi’i) berkata: “Sesungguhnya
disunnahkan membakar dupa di dekat mayyit karena terkadang ada sesuatu
yang muncul maka bau kemenyan tersebut bisa mengalahkan/
menghalanginya.”
(Al-Majmu’ Syarh Muhadzdzab juz 5, halaman 160).
-----