Bahasa

Selasa, 29 Januari 2013

Waqof . sakt. qatho'

Dalil waqof.
Mengetahui ilmu waqof sangat di perlukan sekali dalam tata cara membaca alquran, dan kedudukan mengetahui waqof sama dengan mengetahui ilmu tajwid. Sehingga usebagian ulama berpendapat bahwa mengetahui ilmu waqof adalah wajib. dengan alasan ayat qur'an yang di perjelas dengan sahabat ALI.
قال الله في القرأن ~ ورتل القرأن ترتيلا ~ وقال علي كرم الله وجهه . الترتيل هو تجويد الحروف ومعرفة الوقوف  ~ نهاية قول المفيد ص 150
Sahabat ALI berkata ; arti Tartil ialah tajwidul huruf dan mengerti kaedah Waqof.
 
قال ابن الجزري في النشر ففي كلام علي رضي الله عنه دليل على وجوب تعلمه ومعرفته ~ نهاية القول المفيد ص 150
Imam ibnu Aj jazari berkata dalam kitab An nasr - ucapan sahabat Ali tadi sebagai dalil belajar dan mengetahui kaedah waqof -- kitab Nihayatul qaulil mufid. halmn 150.

Dalil -- tentang keharusan ngerti waqof.
وروي أن الرجلين أتيا النبي صلى الله عليه وسلم فتشهدأحدهما فقال . من يطع الله ورسوله فقد رشد ومن يعصهما. فقال له النبي صلى الله عليه وسلم قم بئس الخطيب أنت  فقل ~ ومن يعص الله ورسوله فقد غوى ~ ففي الخبر دليل واضح على كراهة القطع على المستبشع من اللفظ المتعلق بما بين حقيقته _ نهاية القول المفبد ص 151
  Diriwayatkan...sesungguhnya ada dua lelaki mendatangi NABI salah satunya berkata -- من يطع الله ورسوله فقد رشد ومن يعصهما. dia berhenti .tidak melanjutkannya.- Maka NABI berkata -- berdirilah....sejelek - jeleknya orang berkata adalah kamu.....!! kemudian Nabi memerintahkan ..... katakanlah.. ومن يعص الله ورسوله فقد غوى - ini hadist sebagai dalil yang jelas atas dilarangnya Waqof atau berhenti pada kalimah yang ada kaitannya dengan yang lain ==== maksudnya bila waqot tidak pada tempatnya akan merusak maknanya === kitab Nihayatul qaulil mufid halamn, 151. = hadis ini juga di temukan pada kitab Haqqut tilawah halmn 73. --------- 
kalimah tersebut ini=
--------
Dalam Musnad Safi.i Hadist no 268
أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ رُفَيْعٍ ، عَنْ تَمِيمِ بْنِ طَرَفَةَ ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ ، قَالَ : خَطَبَ رَجُلٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : مَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ رَشَدَ ، وَمَنْ يَعْصِهِمَا فَقَدْ غَوَى ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " اسْكُتْ ، فَبِئْسَ الْخَطِيبُ أَنْتَ " ، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ رَشَدَ ، وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ غَوَى ، وَلا تَقُلْ : مَنْ يَعْصِهِمَا
Bila waqof atau berhenti tidak beraturan maka artinya akan salah .-- padahal sebenarnya di bawah ini.
مَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ رَشَدَ وَمَنْ يَعْصِهِمَا فَقَدْ غَوَى
Siapa saja yang menaati Allah dan Rasul-Nya, dia benar-benar telah mendapatkan petunjuk dan keberhasilan; siapa saja yang bermaksiat kepada keduanya, dia benar-benar telah tersesat dan gagal.
 
Waqof , sakt, qatho'
Waqaf (وقف) menurut:
- bahasa : Berhenti atau menahan.
- istilah : Menghentikan bacaan dengan cara memutuskan suara di akhir perkataan sekejap untuk bernafas dengan niat akan menyambung bacaan semula.
Sakt --- miturut bahasa mencegah/ === arti istilahnya ialah menghentikan baca'an tanpa bernafas kemudian niat akan melanjutkan lagi baca'annya.
Qatho' -miturut bahasa putus -- dan arti istilahnya mengakhiri baca'an alqur'an dengan berhenti sama sekali seolah olah sudah berpaling dari bacaannya...sehingga apa bila mau membaca lagi di sunahkan membaca ta'awudz lagi. 
------

Waqaf terbahagi kepada empat jenis seperti berikut:

1) Waqaf Ikhtibari (وقف اختبارى) : Ialah waqaf pada sesuatu kalimah kerana ingin menerangkan hukum kalimah itu dari sudut resamnya pada Mashaf menghendaki terputus atau bersambung, ditulis dengan Ta' Marbutoh atau Ta' Maftuhah, dan lain-lain lagi.== waqaf ini dibolehkan hanya dalam proses belajar mengajar, yang sebenarnya tidak boleh waqaf menurut kaidah ilmu tajwid
Sebagai contoh:
-Boleh waqaf pada kalimah فى dalam ayat (( إن الله يحكم بينكم فى ما هم فيه يختلفون )) surah al-Zumar ayat 3.
-Tetapi tidak boleh waqaf pada kalimah فى yang bersambung dengan kalimah ما pada ayat (( قالوا فيما كنتم )) surah al-Nisa' ayat 97. Ini kerana tulisan Resam Usmani sebegitu rupa.

Hukumnya : Harus, dengan cara mengulang kembali kalimah yang diwaqafkannya atau kalimah sebelumnya untuk menyempurnakan maksud dari ayat tersebut.

2) Waqaf Idhtirari (وقف اضطرارى) : Ialah waqaf ketika sebab terpaksa seperti kurang nafas, bersin dan sebagainya.

Hukumnya : Harus, bagi si pembaca yang waqaf kerana sebab terpaksa lalu apabila hilang sebab terpaksa itu mestilah mengulang kembali menyebut kalimah yang diwaqafkannya atau kalimah sebelumnya untuk menyempurnakan maksud ayat bacaannya itu.

3) Waqaf Intidzari ( وقف انتظارى ) : Ialah waqaf pada sesuatu kalimah dengan tujuan mencukupkan bentuk-bentuk qiraat yang ada dalam kalimah itu.karena  diperselisihkan oleh ulama’ qiraat antara boleh dan tidak boleh waqaf. Untuk menghormati perbedaan pendapat itu, sambil menunggu adanya kesepakatan, sebaiknya waqaf pada kata itu, kemudian diulangi dari kata sebelumnya yang tidak merusak arti yang dimaksud oleh ayat, dan diteruskan samapi tanda waqaf berikuitnya.
Hukumnya : Harus, ini biasanya dilakukan oleh penuntut dalam bidang ilmu Qiraat. Mereka membaca satu ayat dengan berbagai bentuk qiraat sehingga tidak terjadi khilaf qiraat yang ada dalam ayat tersebut dengan memperhatikan petunjuk dari guru mereka (talaqi dan musyafahah). Jika ayat itu terlalu panjang sudah tentulah memerlukan kemahiran untuk waqaf pada kalimah yang sesuai, kemudian diulang dengan bentuk qiraat yang lain sehingga selesai. Kemudian barulah disambung dengan potongan rangkaikata ayat yang berbaki itu.

4) Waqaf Ikhtiyari (وقف اختيارى) : Ialah waqaf yang boleh dibuat pilihan dengan tanpa sebab-sebab yang telah disebut sebelum ini.

Dan waqaf Ikhtiyari ini mempunyai empat (4) pembahagian yang sudah dikenali ramai sepertimana yang dinyatakan oleh Imam Ibnu al-Jazari dalam Toiyyibah al-Nasyr
:
فاللفظ إن تم ولا تعلقا # تام وكاف إن بمعنىً علقا
قف وابتدئ وإن بلفظ فحسن # فقف ولا تبدا سوى الآى يسن
وغيرما تم قبيح وله # يوقف مضطرا ويبدا قبله

Maksudnya : "Maka lafaz yang sudah sempurna dan tidak mempunyai sangkutpaut (makna dengan selepasnya), ialah Waqaf Tam dan Waqaf Kaf jika mempunyai sangkutpaut makna (dengan selepasnya). Waqaflah dan mulaikanlah (dengan kalimah seterusnya) dan jika mempunyai sangkutpaut dari sudut lafaz (ia adalah) Waqaf Hasan, boleh waqaf dan tidak boleh memulakan bacaan melainkan dimulakan dengan kalimah sebelumnya. Dan selain (yang telah disebut) ini adalah Waqaf Qobih dan bagi si pembaca, boleh waqaf secara terdesak (pada  kalimah) dan dimulai kembali dengan kalimah sebelumnya".

Seperti yang dapat difahami dari matan di atas tadi, Waqaf Ikhtiyari terbahagi kepada empat jenis seperti berikut:
1) Waqaf Tam وقف تام (Berhenti sempurna) : Iaitu waqaf yang sempurna maknanya, dan tidak terikat dengan selepasnya dari sudut lafaz dan makna.

Seperti : (( إنما يستجيب الذين يسمعون والموتى يبعثهم الله ثم إليه يرجعون )) surah al-An'am ayat 36. Waqaf pada يسمعون adalah Waqaf Tam kerana sudah sempurna makna dari rangkaikata ayat tersebut dan rangkaikata selepasnya mempunyai makna yang lain pula.

ini juga diberi nama Waqaf Lazim وقف لازم dan di dalam Mashaf ia diberi tanda ( مـ ) untuk menunjukkan jenis berhentinya adalah Waqaf Tam. Menunjukkan semestinya waqaf pada kalimah itu.

2) Waqaf Kaf وقف كاف (Berhenti Mencukupi) : waqaf ini di satu kalimah yang sempurna maknanya tetapi masih mempunyai hubungan dengan kalimah selanjutnya dari sudut makna bukan dari sudut lafaz.

Seperti : (( واذكر فى الكتاب إبراهيم إنه كان صديقا نبيا )) surah Maryam ayat 41. Waqaf pada إبراهيم adalah Waqaf Kaf, maknanya sudah cukup tetapi masih mempunyai kaitan dengan makna pada kalimah selanjutnya.

Dalam Mashaf ia diberi tanda ( قلى ) . Menunjukkan waqaf pada satu kalimah itu lebih utama dari menyambungnya.

3) Waqaf Hasan وقف حسن (Baik berhenti ) : ini waqaf yang sempurna makna pada suku kata tetapi makna dan lafaznya masih berhubungan dengan kalimah selanjutnya ..

Seperti : (( الحمد لله رب العالمين )). Boleh waqaf di sini tetapi masih mempunyai kaitan makna dan lafaz selanjutnya.

Di dalam Mashaf diberi tanda (صلى) . Menunjukkan menyambung bacaan adalah lebih utama dari mewaqafkannya tetapi boleh saja untuk waqaf di situ.

4) Waqaf Qobih وقف قبيح (Berhenti Tidak baik) :  waqaf ini terjadi pada kalimah yang masih tidak sempurna maknanya dan mempunyai kaitan dengan kalimah selanjutnya dari segi lafaz dan makna.

Seperti: (( وعد الله الذين ءامنوا وعملوا الصالحات لهم مغفرة وأجر عظيم )) surah al-Maidah ayat 9. Waqaf pada الصالحات adalah Waqaf Qobih kerana makna ayat masih tidak sempurna.
Seperti waqaf pada ☼ لِلْمُصَلِّيْنَ dalam ayat berikut : فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّيْنَ ☼ الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلاَ تِهِمْ سَاهُوْنَ
Di dalam Mashaf ianya diberi tanda (لا) menunjukkan jenis berhentinya adalah Waqaf Qobih. Maka dilarang waqaf di sesuatu kalimah yang terdapat tanda itu melainkan tidak cukup nafas atau bersin dan sebagainya. Apabila hendak memulakan bacaan semula hendaklah mengulang dari kalimah  hingga akhir ayat.
===========
Sebagian ulama membolehkan waqaf atau berhenti apa bila ada di akhir ayat..mereka beralasan hadist UMI SALAMAH .,sebagai berikut;
قال الملاعلي في شرحه. ثم اعلم أن الوقف على رءوس الآي لما ذكره ابن ابن الجزري بروايته عن أبيه بسنده المتصل الى أم سلمة رضي الله عنها قال كان رسول الله اذا قرأ قطع آية آية يقول بسم الله الرحمن الرحيم ثم يقف ثم قال الحمد لله رب العالمين ثم يقف ثم يقول الرحمن الرحيم ثم يقف ثم قال ولهذا الحديث طرق كثيرة  وهو اصل في هذا الباب ~ نهاية القول المفيد ص 161
 
Tambahan

Di sana, ada tambahan waqaf yang selain dari empat Waqaf Ikhtiyari yang telah disebut seperti:

1) Waqaf Jaiz وقف جائز (Boleh berhenti) : waqaf ini diberi tanda di dalam Mashaf (ج) untuk menunjukkan seorang pembaca al-Quran harus waqaf pada sesuatu kalimah itu ataupun terus menyambungkan bacaannya kerana waqaf padanya tidak sampai merusak makna ayat tersebut.

Seperti : (( ذلك فضل الله يؤتيه من يشاء والله واسع عليم )) surah al-Maidah ayat 54. Waqaf pada يشاء adalah Waqaf Jaiz kerana waqaf disini tidak sampai merusak makna ayat tersebut.

2) Waqaf Ta'anuq وقف تعانق (Berhenti Berikat) : Sejenis waqaf yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu di mana kita akan kita waqaf bacaan pada salah satu di antara dua tempat yang berdekatan. Jenis ini dalam Mashaf diberi tanda tiga titik seperti titik huruf Syin ش

Seperti : (( ذلك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين )) surah al-Baqarah ayat 2. Terdapat dua tanda (tiga titik seperti yang dinyatakan di atas); satu tanda pada kalimah ريب, dan satu lagi pada kalimah فيه. Pembaca boleh waqaf pada salah satu tempat sahaja, dan tidak boleh pada kedua-dua tempat. Namun boleh juga memilih untuk tidak waqaf pada kedua-dua tempat tersebut.
waqaf ini juga diberi nama Waqaf Muraqabah وقف مراقبة (Berhenti Pemerhatian).
-------
CARA BERWAQAF
Waqaf dalam membaca Al-Qur’an dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut, yaitu :
1. Akhir suku kata dimatikan dalam bacaan apabila berharakat fathah, kasrah, dhammah, kasratain atau dhammatain [ ـَ ـِ ـُ ـٌ ـٍ ] Contoh :
سَقَرْ☼ = سَقَرَ ☼ نُذُرْ ☼ = نُذُرِ ☼ اَحْسَنْ ☼ = اَحْسَنُ ☼ تَخَوُّفْ = ☼ تَخَوُّفٍ ☼ اَشِرْ ☼ = اَسِرٌ☼
2. Akhir suku kata dimatikan [ ـْ ]dalam bacaan apabila berharakat : Fathah, kasrah atau dammah yang sebelumnya ada Alif [ا ـَ ـِ ـُ ] seperti :
☼سَابُ الْحِسَابَ ☼ الْحِسَابِ ☼ الْحِ dibaca ☼ الحِسَا بْ
خَطَايَايْ dibaca ☼ خَطَايَايَ ☼ ـ اِيَّايْ dibaca ☼ اِيَّايَ☼
- Fathah sebelumnya ada Wa [ وْ ـَ ] seperti : ☼ يُنْصَرُوْنَ dibaca ☼ يُنْصَرُوْنْ
- Fathah, kasrah atau dhammah sebelumnya ada Ya’ mati,[يْ ـُ ـِ ـَ ] , seperti : ☼ اَلْحَلِيْمَ ☼ اَلْحَلِيْمِ ☼ اَلْحَلِيْمُ dibaca ☼ اَلْحَلِيْمْ
- Dhammatain atau kasratain sebelumnya ada Ya’mati, [يْ ـٌ ـٍ ] seperti : ☼ حَلِيْمٌ ☼ حَلِيْمٍ dibaca ☼ حَلِيْمْ
- Dhammatain atau kasratain sebelumnya ada Waw mati [وْ ـٌ ـٍ ] seperti : غَفُوْرٌ ☼ غَفُوْرٍ dibaca = ☼ غَفُوْرْ
3. Akhir suku kata berharakat fathatain dan sesudahnya ada huruf Alif [ـً ا] dibaca fathah [ـَ ا], seperti : ☼حَكِيْمًا dibaca = ☼ حَكِيْمَا
- atau akhir suku kata terdiri dari huruf Hamzah berharakat fathatainn [ءً] dibaca fathah [ءَ] , seperti : ☼ مَاءً dibaca = ☼ مَائَا
- atau akhir suku kata terdiri dari Alif maqshurah dan sebelumnya berharakat fathatain [ ـً ى ] dibaca fathah [ ـَ ى], seperti : ☼ مُسَمًّى dibaca = ☼ مُسَمَّى
4. Akhir suku kata terdiri dari Ta’ Marbuthah [ ـة ـ ة ] dimatikan dan bunyinya berubah menjadi bunyi Ha’ [ ـهْ ـ هْ ] , seperti :
حَامِيَهْ dibaca = حَامِيَةٌ ☼ ـ بَرَرَهْ dibaca = ☼ بَرَرَةٍ ☼
5. Akhir suku kata yang terdiri dari huruf Ha’ berharakat kasrah atau dhammah [ ـهِ ـ ـهُ ] dimatikan [ ـهْ ـ ـهْ ] , seperti :
صَا حِبَتِهْ ☼ =dibaca صَاحِبَتِهِ ☼ـ رَسُوْلُهْ☼ dibaca = رَسُوْلَهُ☼
6. Akhir suku kata terdiri dari huruf Mad atau huruf mati, dibaca apa adanya tanpa ada perubahan, seperti :
اَقْفَالُهَا tetap dibaca ☼ اَقْفَالُهَا – ☼ جَنَّاتِيْ tetap dibaca ☼ جَنَّاتِيْ ☼ فَسَقُوْا tetap dibaca ☼ فَسَقُوْا – ☼ لَيَطْغَى tetap dibaca ☼ لَيَطْغَى ☼ عَلَيْهِمْ tetap dibaca ☼ عَلَيْهِمْ – يُوْلَدْ tetap dibaca ☼ يُوْلَدْ
7. Akhir suku kata terdiri dari huruf hidup, sedangkan sebelumnya terdapat huruf mati seperti dalam kurung [ ـْ ـَ / ـْ ـِ / ـْ ـُ ]maka huruf akhir suku kata itu dimaitkan seperti dalam kurung [ ـْ ـْ / ـْ ـْ / ـْ ـْ ] sehingga ada dua huruf mati. Cara mewaqafkan, cukup sekedar bunyi akhir suku kata itu didengar sendiri atau oleh orang yang berdekatan sebagai isyarat bahwa ada huruf mati, sehingga waqaf seperti ini disebut “waqaf isyarat”. Contoh :
وَالْعَصْرْ☼ dibaca وَالْعَصْرِ ☼ ـ وَالأَمْـرْ☼ dibaca وَالأَمْـرُ
8. Akhir suku kata bertasydid dimatikan tanpa menghilangkan fungsi tasydidnya, seperti : ☼ مِنْـهُنَّ dibaca ☼ ـ مِنْـهُنّْ ☼خلَقَهُنَّ dibaca ☼ خَلَقَهُنّْ
9.Hamzah di akhir kata yang ditulis di atas waw [ ؤ ] dimatikan bila waqaf, dan dibaca pendek bila washal, seperti :
QS.An-Nahl [16] : 48 -Tulisan  – يَـتَـفَـيَّـؤُا bila Waqaf ☼ يَـتَـفَـيَّـأْ – dan bila Washal dibaca يَـتَـفَـيَـؤُا ظِلاَلُهُ
QS.Al-Furqan [26] : 77 -Tulisan  – يَـعْـبَــؤُا bila Waqaf dibaca ☼ يَـعْـبَـأْ – dan bila Washal dibaca يَـعْـبَـؤُا بِـكُمْ
Demikian pula dalam QS.Yusuf [12] : 84 تَـفْـتَـؤُا , – dalam QS. Thaha [20] : 18 اَتَـوَكَّـؤُا ,- dan dalam QS. An-Nur [24] : 8  يَـدْرَؤُا
10.Hamzah di akhir kata yang ditulis di atas waw [ ؤ ] bila waqaf dimatikan sesudah membaca panjang huruf sebelumnya, dan bila washal hamzah dibaca pendek seperti :
QS. Asy-Syu’araa’ : [26} :197 -Tulisan - عُـلَـمـؤُا bila Waqaf dibaca ☼عُـلَـمَـاءْ - dan bila Washal dibaca عُـلَـمـؤُا بَنِيْ اِسْرَائِيْلَ
Demikian pula dalam QS.Fathir [35] : 28 عُـلَـمـؤُا ,- QS. Ibrahim : [14] : 21 ,- dan Al-Mu’min [40] : 47  الضُّـعَـفـؤُا ,- QS.Yunus [10] : 28  شُـرَكـؤُا ,- QS.Ar-Ruum [30] :13  شُـفَـعــؤُا
TANDA-TANDA WAQAF
1. م WAQAF LAZIM [وَقَفْ لاَزِمْ] Tanda mesti berhenti.
2. لا LA WAQFA [ لاَ وَقْفَ ] Tanda tidak boleh berhenti.
1. ط WAQAF MUTHLAQ [ وَقَفْ مُطْلَقْ ] Tanda sempurna berhenti.
2. ج WAQAF JAIZ [ وَقَفْ جَائِزْ ] Tanda boleh berhenti dan boleh terus.
3. ز WAQAF MUJAWWAZ [ مُجَوَّزْ ]Tanda boleh berhenti, terus lebih baik.
4. ص WAQAF MURAKH-KHASH [ وَقَفْ مُرَخَّصْ ] Tanda diringankan (di bolehkan) berhenti karena mempunyai nafas pendek, terus lebih baik.
5. قف WAQAF MUSTAHAB [وَقَفْ مُسْتَحَبْ ]. Tanda berhenti lebih baik, tidak salah kalau terus.
6. قلى WAQAF AULA [وَقَفْ اَوْلَى]. Tanda berhenti lebih baik.
7. ق QILA WAQAF [ قِيْلَ وَقَفْ ] Sebagian pendapat, tanda boleh berhenti.
8. صلى WASHAL AULA [وَصَلْ اَوْلَى] Tanda terus lebih baik.
11.ك Kadza lika Muthabiq lima qablahu [كَذَالِكَ مُطَابِقٌ لِمَا قَبْلَهُ ]Tanda berhenti seperti tanda waqaf sebelumnya.
12. … ___… WAQAF MU’ANAQAH [ وَقَفْ مُعَانَقَةِ ]Tanda boleh berhenti pada salah satu titik tiga.
13. س/سكت SAKTAH [ سَكْتَةْ ]Tanda berhenti sejenak tanpa ambil nafas.
mengenai tanda tanda waqaf ulama’ yang sepuluh banyak yang tidak sama (khilaf) jadi anda bisa mengikuti salah satunya.
dan untuk lebih baiknya anda ikuti ulama’ yang masuk pada mutawattir,begitu juga dalam qiroatnya,lebih baik anda ikuti yang mutawattir saja,atau diwaktu anda bersama orang lain (banyak orang) gunakanlah yang mutawattir,hal ini untuk menjaga salah persepsi orang yang mendengarkan anda.
==================== di bawah ini penjelasan saktah ==============
SAKTAH
`SAKTAH ~
Secara bahasa saktah berasal dari kata سكت – يسكت – سكوتا berarti diam; tidak bergerak. Secara istilah saktah adalah memutus kata sambil menahan nafas dengan niat meneruskan bacaan (Makky Nasr,kitab Nihayatul qaulil mufid halmn 153). Dalam qira’ah sab’ah bacaan saktah banyak dijumpai pada bacaan Imam Hamzah (baik dari riwayat khalad maupun khalaf), yaitu setiap ada hamzah qatha’ yang didahului tanwin atau al ta’rif, seperti  بالآخرة، عذاب أليم(Arwani Amin, 3-6).
Sedangkan dalam bacaan Imam Ashim riwayat Hafs; bacaan saktah hanya ada di empat tempat, yaitu:
1. Surat al-Kahfi ayat 1 : ولم يجعل له عوجا - قيما
2. Surat Yasin ayat 52 : من مرقدنا - هذا ما وعدنا الرحمن
3. Surat al-Qiyamah 27 : وقيل من - راق
4. Surat al-Muthaffifin 14 : كلا بل - ران
Alasan saktah ini adalah untuk memberikan tanda pada qari’ bahwa waqaf padaعوجا termasuk waqaf tamm (sempurna), dan kata قيّما bukan sifat/naat dari عوجا, ia dinashabkan karena menyimpan fi’iL أنزل . Demikian juga halnya waqaf pada مرقدنا , kataهذا bukan sifat dari مرقد , melainkan mubtada’ dan kata هذا dan sesudahnya adalah perkataan malaikat bukan perkataan orang kafir. Sedangkan pada من pada من – راق dan بل pada بل ران yaitu sebagai kata tanya pada yang pertama dan sebagai kata penegas pada yang kedua, juga untuk memperjelas idharnya lam dan nun karena biasanya dua huruf tersebut bila bertemu ra’ diidghamkan sehingga bunyi keduanya hilang.
=========================================== 
 



Minggu, 27 Januari 2013

Bacaan mad dan mad ADZAN dan TAKBIR

BACA'AN MAD
adzan dan takbir


Mad (مد) menurut bahasa adalah  memanjangkan atau sesuatu yang memanjang. Menurut pendapat yang lain adalah Az Ziyadah (الزيادة) yaitu sesuatu yang tambah -- يمددكم ربكم ( dan Tuhanmu menambahkanmu ) . Sedangkan menurut Istilah adalah memanjangkan suara huruf dari huruf-huruf mad
Diantara dalil bacaan panjang atau mad ini hadis ;  
 حدثنا عمرو بن عاصم حدثنا همام عن قتادة قال سئل أنس كيف كانت قراءة النبي صلى الله عليه وسلم فقال كانت مدا ثم قرأ بسم الله الرحمن الرحيم يمد ببسم الله 
    ..... ويمد بالرحمن ويمد بالرحيم
صحيح البخاري ج 4 ص 1925 ~ عمدة القاري - العيني - ج 20 - الصفحة 55 
المسانيد - محمد حياة الأنصاري - ج 1 - الصفحة 247 ~
Bercerita padaku 'Amru bin 'Asyim bercerita padaku Hamam dari Qotadah dia berkata: “Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu ketika ditanya bagaimana bacaan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau menjawab bahwa bacaan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam itu dengan panjang-panjang kemudian dia membaca “Bismillahirrahman arrahiim” memanjangkan (bismillah) serta memanjangkan (ar rahmaan) dan memanjangkan ar rahiim.
  عن موسى بن يزيد الكندي –رضي الله عنه – قال: كان ابن مسعود يقرئ رجلا ، فقرأ الرجل : إنما الصدقات للفقراء والمساكين " مرسلة أي مقصورة،  ، فقال ابن مسعود : ما هكذا أقرأنيها رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فقال : كيف أقرأكها يا أبا عبد الرحمن ؟ فقال : أقرأنيها " إنما الصدقات للفقراء والمساكين " فمدوها .

هذا حديث جليل حجة ونص في هذا الباب ، رجال إسناده ثقات . رواه الطبراني في 
 معجمه الكبير ~ االنشر في القراءت العشر  ج 1 ص 316 
 

Dari Musa bin Yazid al kandiy ketika Ibnu Mas’ud menuntun seseorang membaca Al Qur’an. Maka orang itu mengucapkan: “Innamash shadaqatu lil fuqara-i wal masakin”. Dengan meninggalkan bacaan panjangnya, maka Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu katakan, “Bukan begini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membacakan ayat ini kepadaku.” Maka orang itu jawab, “Lalu bagaimana Rasulullah membacakan ayat ini kepadamu wahai Abu Abdirrahman?” Maka beliau ucapkan: “Innamash shadaqaatu lil fuqaraa-i wal masaakiin.” Dengan memanjangkannya. (HR. Sa’id bin Mansur) Ibnu Mas’ud langsung menegur orang ini padahal ini tidak merubah arti, akan tetapi bacaan Al Qur’an itu adalah suatu hal yang harus diambil sesuai dengan apa yang Rasulullah ucapkan.===== Hadist ini sebagai dalil di haruskannya membaca mad.-- kitab An Nasr fil qira'aatil 'asar (Ibnu Jazariy) juz 1 halmn 10
=============
Huruf mad ada tiga yaitu Alif . wawu dan ya'
Huruf wawu di saratkan harus beriringan dengan huruf sebelumnya yang berharokah Dummah. huruf Ya' di saratkan jatuh setelah huruf yang berharokah Kasroh. dan Alif setelah huruf yang berharokah Fafhah seperti .. نوحيها --- Nukhiha ( nun- kha dan ha...di baca panjang ). panjangnya satu alif atau dua harokah atau dua ketukan.
Huruf wawu atau ya' ( alif tidak termasuk ) apa bila jatuh setelah huruf yang berharokah fathah maka tidak di sebut huruf Mad. tetapi di sebut huruf LIN. dan huruf lin ini di baca qoshor. kecuali waqof maka di baca Mad / panjang.

MAD di bagi dua - mad asli dan mad far'i.
Mad asli juga di sebut mad thobi'i . mad thobi'i itu baca'an mad yang tidak bertemu dengan hamzah dan sukun. --- 

ImamMuhammad makki Nasr berkata ;

فالأصل هو المد الطبعي الذي لاتقوم ذات حرف المد الا به ولا يتوقف على سبب بل يكفي وجود أحد حروف المد الثلاثة المجتمعة في قوله تعالى ~ نوحيها ~ وعلامته ان لا توجد بعده ساكن ولاهمزة . سمي طبيعا لأن صاحب الطبيعة السليمة لاينقص عن حده ولايزيد عليه . وحده مقدارألف وصلا ووقفا . ونفصه عن ألف حرام شرعا فيعاقب على فعله ويثابه على تركه . ~ كتاب نهاية قول المفيد ص 130
Mad asli ialah mad thobi'i yaitu mad yang tidak ada sebab yang lain tetapi cukup dengan adanya salah satu huruf bad yang tiga yang di kumpulkan pada firman ALLAH ~ نوحيها - dan alamatnya ialah setelanya tidak ada huruf yang sukun atau mati dan tidak ada hamzah. 
Mad asli di sebut mad THOBI'I kerana pembaca yang memiliki sifat kejadian yang sempurna tidak mengurangi ukuran kadar Madnya iaitu dua harakat dan tidak pula melebihi dari itu dan kadar ukuran mad thobi'i itu satu alif (dua harokah ) baik dalam keadaan WASOL atau WAQOF.- Hukum mengurangi kadar satu alif ialah HARAM.

Bagai mana hukum menambai panjang mad Thobi'i ?
 
   فما يفعله بعض أئمة المساجد وأكثر المؤذين من الزيادة في المدالطبيعي عن حده العرف أي عرف القراءفمن أقبح البدعوأشد الكراهة وقد يقتدى بهم بعض الجهلة من القراء ~ نهاية القول المفيد ص 130
..... apa yang di lakukan imam-imam masjid dan kebanyakan orang adzan yang memanjangkan mad thobi'i yang melebihi ketentuan ( MELEBIHI 1 ALIF ) maka termasuk bid'ah yang jelek dan makruh sekali. dan ini terkadang di ikuti para pembaca yang bodoh. ----- kitab Nihayatul qaulil mufid ..halmn 130.
-------------
الممدود في مقدار في الأذان خلاف المذهب ... وأطول المد سمحوا خمس ألفات ~ عشر حركات ~ وقيل سبع ألفات ~أربع عشرة حركة _ حق التلاوة ص 302
Ukuran panjang baca'an Mad pada ADZAN ulama madzhab beda pendapat -- di antara pendapat di perbolehkannya Mad sampai 5 alif atau 10 gerakan.- sebagian ulama lagi boleh 7 alif 14 gerakan. = kitab Haqqut tilawah hal 305
 
ورد عن بعض الشافعية جواز مد ألف لفظ الجلالة في تكبيرة الانتقال مدا فرعيا بوزن الوقت الذي يقتضي الانتقال .لكنهم منعوا مدها تكبيرها الاحرام _ تعليق حق التلاوة ص 305
Ada keterangan dari sebagian ulama As Syafi'iah yang membolehkan baca Mad ali lam jalalah di dalam Takbirotul intiqol dengan kadar waktu selama intiqol. tetapi mereka melarang memanjangkan takbirotul ihram sampai melebihi Kaedah ukuran Mad Thobi'i --- ta'liq Haqqut tilawah halmn 305

فرع . قال الباجوري ويسن ان لايقصر التكبير بحيث ان لايفهم ولايمططه بأن يبلغ في مده بل يتوسط وقال الشبراملسي ويستحب ان يمد التكبيرويشترط ان لايمد فوق سبع ألفات وإلابطلت ان علم وتعمد وتقدر كل ألف بحركتين وهو على التقريب ويعتبر ذلك بتحريك الأصابع متولية للنطق بالمد _ شرح كاشفة السجا ص 60
"far'un" Imam Al Bajuri berkata; di sunahkan dalam takbir jangan terlalu pendek (CEPAT ) bacaan sehingga tidak bisa di pahami hurufnya. dan jangan terlalu panjang ( jgn melebihi mad thobi'i ) tetapi yang sedang saja.- dan berkata As subromulasiy...di sunahkan memanjang baca'an takbir dan di syaratkan dalam memanjang baca'an mad tidak boleh melebihi 7 alif. apa bila tdk !! (mad melebihi 7 alif ) maka bathal sholatnya jika mengerti dan di sengaja.-- kira-kira satu alif ialah dua gerakan dengan gerakan deriji terus menerus pada saat baca Mad== kitab sharah Kasyifatus saja' halmn 60
 
Mad far'i ialah baca'an mad yang melebihi dari mad thobi'i karena ada faktos sebab-sebab.
= di anta sebab ialah setelah huruf mad ada hamzah atau sukun.==

1~ Mad wajib muttasil  Yaitu setiap mad thobi’i bertemu dengan hamzah dalam satu kata. Panjangnya adalah 5 harokat atau 2,5 alif. (harokat=ketukan/panjang setiap suara )seperti - جاء ~ جيئ
--- 
Disebut mad wajib muttasiil -- sebab seluruh ulama qira'ah bersepakat bahwa mad wajib muttasil panjang madnya harus melebihi Mad thobi'i.== tetapi ulama beda pendapat ukuran panjangnya Mad wajib muttasil ini.
~ imam WAROS dan Hamzah berpendapat - 3 alif
~ imam 'Asyim --- 2 alif. riwayat lain 2 1/2 alif.
~ imam Qolun- imam Ibnu Kstir.imam Abu 'Amr --- 2 alif dan 1 1/2 alif
=== sumber kitab Nihayatul qaulil mufid halmn 133
---------------
lanjutan ........
    
2) Mad Jaiz Munfashil
Yaitu setiap mad thobi’i bertemu dengan hamzah dalam kata yang berbeda.
Panjangnya adalah 2, 4, atau 6 harokat (1, 2, atau 3 alif).
Contoh :
image
3) Mad Aridh Lisukuun
Yaitu setiap mad thobi’i bertemu dengan huruf hidup dalam satu kalimat dan dibaca waqof (berhenti).
Panjangnya adalah 2, 4, atau 6 harokat (1, 2, atau 3 alif).  Apabila tidak dibaca waqof, maka hukumnya kembali seperti mad thobi’i.
Contoh :
image
4) Mad Badal
Yaitu mad pengganti huruf hamzah di awal kata. Lambang mad madal ini biasanya berupa tanda baris atau kasroh tegak .
Panjangnya adalah 2 harokat (1 alif)
Contoh :
image
5) Mad ‘Iwad
Yaitu mad yang terjai apabila pada akhir kalimat terdapat huruf yang berbaris fathatain dan dibaca waqof.
Panjangnya 2 harokat (1 alif).
Contoh :
image
6) Mad Lazim Mutsaqqol Kalimi
Yaitu bila mad thobi’i bertemu dengan huruf yang bertasydid.
Panjangnya adalah 6 harokat (3 alif).
Contoh :
image
7) Mad Lazim Mukhoffaf Kalimi
Yaitu bila mad thobi’i bertemu dengan huruf sukun atau mati.
Panjangnya adalah 6 harokat (3 alif).
Contoh :
image
8) Mad Lazim Harfi Musyba’
Mad ini terjadi hanya pada awal surat dalam al-qur’an. Huruf mad ini ada delapan, yaitu :
image
Panjangnya adalah 6 harokat (3 alif)
Contoh :
image
9) Mad Lazim Mukhoffaf harfi (    )
Mad ini juga terjadi hanya pada awal surat dalam al-qur’an. Huruf mad ini ada lima, yaitu :
image
Panjangnya adalah 2 harokat.
Contoh :
image
10) Mad Layyin
Mad ini terjadi bila :
huruf berbaris fathah bertemu wawu mati atau ya mati, kemudian terdapat huruf lain yg juga mempunyai baris.
Mad ini terjadi di akhir kalimat kalimat yang dibaca waqof (berhenti).
Panjang mad ini adalah 2 – 6 harokat ( 1 – 3 alif).
Contoh :
image
11) Mad Shilah
Mad ini terjadi pada huruh “ha” di akhir kata yang merupakan dhomir muzdakkar mufrod lilghoib (kata ganti orang ke-3 laki-laki).
Syarat yang harus ada dalam mad ini adalah bahwa huruf sebelum dan sesudah “ha” dhomir harus berbaris hidup dan bukan mati/sukun.
Mad shilah terbagi 2, yaitu :
a) Mad Shilah Qashiroh
Terjadi bila setelah “ha” dhomir terdapat huruf selain hamzah. Dan biasanya mad ini dilambangkan dengan baris fathah tegak, kasroh tegak, atau dhommah terbalik pada huruf “ha” dhomir.
Panjangnya adalah 2 harokat (1 alif).
Contoh :
image
b) Mad Shilah Thowilah
Terjadi bila setelah “ha” dhomir terdapat huruf hamzah.
Panjangnya adalah 2-5 harokat (1 – 2,5  alif).
Contoh :
image
12) Mad Farqu
Terjadi bila mad badal bertemu dengan huruf yang bertasydid dan untuk membedakan antara kalimat istifham (pertanyaan) dengan sebuutan/berita.
Panjangnya 6 harokat.
Contoh :
image
13) Mad Tamkin
Terjadi bila 2 buah huruf ya bertemu dalam satu kalimat, di mana ya pertama berbaris kasroh dan bertasydid dan ya kedua berbaris sukun/mati.
Panjangnya 2 – 6 harokat (1 – 3 alif).
Contoh :
image
===========